Efektivitas Implementasi Manajemen Program Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa

  • Elly Kusmiati
  • Suharyanto H Soro Sekolah pascasarjana Uninus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengkaji program manajemen ekstrakurikuler dalam meningkatkan nilai kreatif siswa. (2) Mengkaji efektivitas implementasi program ekstrakurikuler dalam meningkatkan  nilai kreatif siswa. (3) Masalah yang dihadapi sekolah dalam mengimplementasikan ekstrakurikuler untuk meningkatkan nilai kreatif siswa. (4) Solusi dan upaya perbaikan ke depan oleh pihak sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program kegiatan ektrakurikuler sudah efektif dilihat dari ketepatan tujuan, ketepatan pemilihan tempat, dan ketepatan waktu namun dalam hal biaya belum efektif karena dirasakan kekurangan dana untuk kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Program yang diberlakukan adalah latihan intensif seminggu 2-3 kali. Siswa diajak untuk menyaksikan pertunjukan seni tari dan diberikan tugas untuk mengkreasikan tarian berdasarkan kreativitasnya sendiri. (2) Implementasi program kegiatan ekstrakurikuler cukup efektif dilihat dari ketepatan tujuan, pemilihan tempat, dan waktu namun dalam hal biaya belum efektif karena kekurangan dana. (3) Masalah yang dihadapi adalah keterbatasan sarana prasarana, kemampuan sumber daya manusia dan pada saat penyusunan program perencanaan, sasaran tidak tercapai sepenuhnya serta kurangnya motivasi siswa. (4) Solusi dan upaya perbaikan dilakukan dengan membagi jadwal sekolah pagi dan siang, mengadakan iuran rutin dan pemberian reward kepada siswa berprestasi.

References

Imanuel, Darius W. (2017). “Peran Jam Belajar Efektif Siswa di Sekolah Dalam Memoderatori Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Journal Scholaria. Vol. 7 No 1, 10 –16. UKSW: Magister Manajemen Pendidikan.
Makmur. (2011). Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan. Bandung: Refika Aditama.
Nasution. (2006). Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Septiani, dkk. (2019). “Menanamkan Karakter Percaya Diri Siswa Melalui Kegiatan Pengembangan Diri Seni Tari di SMP Negeri 2 Bukittinggi”.
e-jurnal Sendratasik. Vol. 7 No. 3 Seri C. Padang: FBS Universitas Negeri Padang.
Tachjan. (2006). Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: Penerbit AIPI Bandung.
Published
2020-08-31
How to Cite
KUSMIATI, Elly; SORO, Suharyanto H. Efektivitas Implementasi Manajemen Program Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Nusantara Education Review, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 109-120, aug. 2020. ISSN 2598-9553. Available at: <http://ojs.spsuninus.ac.id/index.php/ner/article/view/112>. Date accessed: 01 mar. 2021.