MANAJEMEN MUTU LAYANAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI YANG EFEKTIF

  • Jaenal Aripin Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang
  • Iim Wasliman Sekolah pascasarjana Uninus

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh layanan pembelajaran anak usia dini saat ini yang penuh dengan kegitan akademik tanpa memperhatikan kebutuhan anak yaitu bermain, guru yang belum sesuai standar kompetensi dan kualifikasi, dan minimnya sarana dan prasarana. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauhmana manajemen mutu layanan pembelajaran anak usia dini yang efektif di Kabupaten Karawang. Melalui metode dekstriktif kualitatif, hasil penelitian menunjukan: (1) Manajemen mutu layanan pembelajaran anak usia dini belum optimal, sehingga berdampak pada kegiatan pembelajaran yang menghilangkan unsur bermain dan lebih mengutamakan pada unsur akademik. 2). Peran kepala sekolah sudah baik dari pemberian pengarahan, bimbingan dan melakukan diklat atau memberikan pelatihan untuk guru-guru yang membutuhkan, (3). Kompetensi guru belum sesuai dengan latar belakang pendidikan, tetapi dilakukan upaya penyegaran dan evaluasi setiap selesai pembelajaran untuk melihat perkembangan dari pada guru dan siswa. (4). Sarana dan prasarana yang ada belum memadai tetapi cukup untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. (5). Pengawasan terhadap guru dilakukan setiap bulan oleh Kepala Sekolah dan Penilik PAUD secara berkala. Kepala Sekolah diharapkan lebih fokus dalam pengawasan pembelajaran PAUD, dan guru sebagai pengajar lebih meningkatkan keterampilan dan pengetahuan tentang pembelajaran anak usia dini

References

Abdul Khobir, Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif, Forum Tarbiyah Vol. 7, No. 2, Desember 2009
Agustini Dewi. (2016), Landasan Filosofis Pembelajaran Tematik. http;//jepiris.blogspot.com/2007/06 /pembelajaran tematik.html 11 Desember 2016
Al-Afkar, Volume 3 No 1, Tahun 2015, diakses pada tanggal 8 Desember 2017
Alison. (2004). Komunikasi dan Psikologi. Rineka Cipta: Jakarta.
Aswandi, dkk. (2015). Manajemen Gugus PAUD dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAUD Mempawah Hilir. Jurnal Paedagogy Volume 1, 13 Halaman. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=266537&val=2338&title=MANAJEMEN%20GUGUS%20PAUD%20DALAM%20MENINGKATKAN%20KOMPETENSI%20PROFESIONAL%20GURU%20PAUD%20MEMPAWAH%20HILIR. 10 November 2018
Atik Wartini dan Muhammad Azkar, Al Quran dan Pemanfaatan Permainan Edukatif Pada Anak Usia Dini, Jurnal
Creswell. J. W. 2012, Research design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed; Cetakan ke 2, Yogtakarta: Pustaka Pelajar
Danim, Sudarwan dan Khairil. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
David L Goetsch dn Stnley. B. Davis. (2002). Pengantar Mnajemen Mutu 2, Ed Bahasa Indonesia, Jakarta: PT Prenhalindo
Dimyati, dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Cetakan kelima. Rineka Cipta: Jakarta
Fattah, Nanang. (2004). Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy
Published
2020-08-31
How to Cite
ARIPIN, Jaenal; WASLIMAN, Iim. MANAJEMEN MUTU LAYANAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI YANG EFEKTIF. Nusantara Education Review, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 133-140, aug. 2020. ISSN 2598-9553. Available at: <http://ojs.spsuninus.ac.id/index.php/ner/article/view/115>. Date accessed: 01 mar. 2021.