Manajemen Sarana Prasarana Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar di Kota Bandung

Studi Kualitatif pada MI. Al-Furqon II dan SDN. Kebon Gedang 1 Kota Bandung

  • Mochamad Tajimudin

Abstract

Judul penelitian ini adalah Manajemen Sarana Prasarana Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar (Studi Kualitatif pada MI. Al Furqon II dan SD Negeri Kebon Gedang 1 Kota Bandung). Keberadaan sarana dan prasarana pendidikan, penting dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu, sarana prasarana merupakan fasilitas yang berfungsi sebagai tempat terselenggaranya proses pendidikan. Untuk itu, keberadaan sarana prasarana hendaknya diusahakan dengan sungguh-sungguh agar selalu siap pakai, sehingga proses belajar mengajar semakin efektif dan efisien guna tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mendukung pendeskrifsian dan pembahasan hasil penelitian, penulis mengkaji teori yang relevan yaitu tentang Manajemen Perlengkapan Sekolah, kegiatan Pembelajaran, dengan ditunjang sarana dan prasarana yang memadai. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, selanjutnya diolah, diinterpretasikan dan disimpulkan sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan sarana dan prasarana pendidikan disekolah merupakan faktor penunjang dalam pembelajaran yang efektif dengan hasil mengarah terwujudnya prestasi belajar siswa cukup meningkat. Walaupun terdapat kelemahan yang diakibatkan oleh kesiapan guru dalam pembelajaran. Rekomendasi yang dapat dikemukakan antara lain; terwujudnya pengembangan sarana prasarana apabila ada dukungan dari kepala sekolah/Madrasah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kementerian Agama, dan pengawasan yang berkesinambungan, serta adanya dukungan dari komite sekolah/Madrasah. Begitu juga harus memiliki kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran terpusat pada siswa

References

Barnawi dan Arifin, M., (2012), Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hidayat, Ara, dan Machali, Imam, (2010), Pengelolaan Pendidikan, Bandung: Educa
Listyarti, Retno, (2012), Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif dan Kreatif, Bandung: esensi.
Rohiat, (2008), Manajemen Sekolah, Bandung: Refika Aditama.
Rohman, M dan Amri, Sofan, (2012), Manajemen Pendidikan; Analisis dan Solusi Terhadap Kinerja Manajemen Kelas dan Strategi Pengajaran yang Efektif, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Sallis, Edward, alih bahasa Ali Riyadi, A., dan Fahrurrozi, (2006), Total Quality Management In Education; Manajemen Mutu Pendidikan, Jogjakarta: IRCiSoD.
Sanusi, Achmad, (2015), Sistem Nilai; Alternatif Wajah-wajah Pendidikan, Bandung: Nuansa Cendikia.
Sugiono, (2013), Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Suryana, Yaya dan Priatna, Tedi, (2008), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Sahifa
Published
2020-08-31
How to Cite
TAJIMUDIN, Mochamad. Manajemen Sarana Prasarana Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar di Kota Bandung. Nusantara Education Review, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 155-162, aug. 2020. ISSN 2598-9553. Available at: <http://ojs.spsuninus.ac.id/index.php/ner/article/view/116>. Date accessed: 01 mar. 2021.