Implementasi Kebijakan Dan Program Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (Pmks) Pemerintah Jawa Barat Dalam Pengentasan Anak Terlantar Melalui Sistem Pendidikan Dalam Panti

  • Karlina Berlianti Pertiwi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • R Supyan Sauri Sekolah pascasarjana Uninus

Abstract

Tingginya populasi penduduk Indonesia menyebabkan banyaknya ketimpangan-ketimpangan dalam kehidupan kemasyarakatan, terutama rendahnya tingkat Pendidikan dan belum tercapainya kesejahteraan masyarakat. Tujuan umum dalam penelitian ini agar program penyandang masalah kesejahteraan sosial dapat terimplementasikan dengan baik sehingga anak terlantar bisa mendapatkan pendidikan yang sesuai dalam panti. Tujuan khusus dalam penelitian ini, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, hambatan dan dukungan program penyandang masalah kesejahteraan sosial dalam pengentasan anak terlantar melalui sistem Pendidikan dalam panti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, subjek penelitian ini di Balai Perlindungan Sosial Anak Asuh (BPSAA) dan Rumah Perlindungan Sosial Anak Asuh (RPSAA). Ditemukan adanya penerapan pola pengentasan yang berbeda di dua tempat tersebut. Di BPSAA bukan hanya program pengentasan anak terlantar tapi juga anak binaan, sedangkan di RPSAA menerapkan program peningkatan keimanan dan ketaqwaan. Hasil dari penelitian yang didapat, perencanaan program pengentasan dibuat oleh balai masing-masing dan pelaksanaannya disesuaikan dengan sarana dan sumber daya manusia (pendamping) pada masing-masing balai. Evaluasi dipantau langsung oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat dengan keharusan balai memberikan laporan secara berkala setiap tahun. Hambatan yang ada dalam pengimplementasian ini terdapat pada masalah anggaran sehingga peneliti memberikan rekomendasi kepada Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat untuk menganggarkan dana kepada balai lebih besar lagi.

References

Abu, Ahmadi & Nur Uhbiyati. (1991). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Coulter, Mary, P. Stephen, Robbins. (2005). Management. 8th Edition. Prentice Hall, New Jersey.
Fukuyama, Francis. (2005). State Building: Governance and World Order in the 21st Century (Memperkuat Negara: Tata Pemerintahan dan Tata Dunia Abad 21. Jakarta; Gramedia Terjemahan.
Imam, Barnadib. (1986). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta.
Jimly, Asshiddiqiie, (2010). Konstitusi dan Konstitusionalisme Indonesia, Jakarta, Sinar Grafika.
Syarifudin, Ahmad. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya.
Undang -undang no 4 tahun 1979
Undang undang nomor 23 tahun 2002
Published
2020-08-31
How to Cite
PERTIWI, Karlina Berlianti; SAURI, R Supyan. Implementasi Kebijakan Dan Program Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (Pmks) Pemerintah Jawa Barat Dalam Pengentasan Anak Terlantar Melalui Sistem Pendidikan Dalam Panti. Nusantara Education Review, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 175-184, aug. 2020. ISSN 2598-9553. Available at: <http://ojs.spsuninus.ac.id/index.php/ner/article/view/118>. Date accessed: 01 mar. 2021.