IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Studi di SMPN 2 dan SMPN 4 Cikalong Wetan Kabupaten Bandung Barat

  • Sri Mulyati Guru SMPN 2 dan 4 Cikalong Wetan Bandung Barat
  • Ujang Cepi Barlian Sekolah pascasarjana Uninus

Abstract

Pendidikan saat ini menggunakan kurikulum 2013 yang menekankan pada pendidikan karakter, termasuk literasi untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta prestasi belajar siswa melalui minat baca dan tulis yang tinggi. Upaya sistematis dan berkelanjutan perlu dilakukan untuk meningkatkan keterampilan literasi siswa melalui Gerakan Literasi sekolah (GLS). Gerakan literasi sekolah yang merupakan program pemerintah tidak akan pernah berhasil tanpa dukungan dari keluarga, masyarakat dan sekolah. Dalam pelaksanaan GLS sikap membimbing dan warga sekolah sangat mempengaruhi kegiatan program, sejalan dengan teori yang dikemukakan oleh pihak museum Edward III, bahwa yang mempengaruhi efektivitas pelaksanaan yang sesuai dengan isi kebijakan yang akan dilakukan dengan senang hati. , dukungan dari dinas pelaksana seperti Dinas Pendidikan, kepala sekolah sangat dibutuhkan dalam mencapai tujuan program. Sedangkan faktor penghindarannya adalah kurangnya motivasi baik dari siswa maupun dari luar siswa, keterlambatan siswa datang ke sekolah dan kurangnya sarana prasarana. 3) Solusi dari GLS adalah motivasi pihak sekolah dan orang tua kepada siswa, serta adanya sarana dan prasarana GLS yang memadai.

References

Al Quran, 2014, Cetakan Departemen Agama Republik Indonesia.
Amirullah. 2015. Kepemimpinan dan Kerjasama Tim. Jakarta: Mitra Wacana Media
Arifin, Daeng. 2010. Manajemen Pembelajaran Efektif. Bandung: Pustaka Al-Kasyaf.
Atmodiwirio, S. 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Ardadizya Jaya
Barlian, Ujang Cepi. 2016. Manajemen Strategik: Konsep dan Implikasinya. Bandung: Khalifa Insan Cendekia Press.
Buchori. 2000. Ilmu Pendidikan dan Praktek Pendidikan, Yogya: Tiara Wacana, cetakan pertama
Djamariah, Bahri, Syaiful dan Arwan, Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Yunus, Abidin. 2018 Pembelajaran Multiliterasi
Hadi, Samsul dkk, Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas (Jakarta)
Hasanah, 2018. UNINUS Bandung, Tesis Manajemen Kepala Sekolah di MTs Swasta Bandung.
Sanusi, Achmad. 2017. Sistem Nilai; Alternatif Wajah-wajah Pendidikan. Bandung: Nuansa Cendekia.
Sudjana, N, 1991, Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah, Bandung: Sinar Baru Grafindo Persada.
Zaini, 2017. UIN sby.ac.id, jurnal Program Literasi Sekolah di SMA, Surabaya
Published
2020-08-31
How to Cite
MULYATI, Sri; BARLIAN, Ujang Cepi. IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Nusantara Education Review, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 185-194, aug. 2020. ISSN 2598-9553. Available at: <http://ojs.spsuninus.ac.id/index.php/ner/article/view/119>. Date accessed: 01 mar. 2021.