Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Tasawuf

Studi Multikasus Eksploratori Pada Thoriqot Qodiriyyah Naqsyabandiyyah Suryalaya-Sirnarasa dan Thoriqot Idrisiyyah Pagendingan

  • Syuhudul Anwar

Abstract

Pendidikan karakter harus dilaksanakan melalui harmonisasi olah fikir, olah hati, olah rasa, dan olah raga. Olah hati merupakan aspek vital dan berpengaruh kepada yang lain. Thoriqoh adalah sebuah lembaga keagamaan islam yang merupakan bentuk praktis dari tasawuf yakni upaya rehabilitasi akhlak/karakter melalui rehabilitasi hati. Penelitian ini bertujuan mengkontruksi model hipotetik manajemen pendidikan karakter berbasis tasawuf. Dengan pijakan empiris dari informasi tentang:1)Persepsi jemaah tarekat mengenai proses tazkiyatunnafsi, 2)Komponen manajemen pendidikan karakter berbasis tasawuf, 3)Manajemen pendidikan karakter berbasis tasawuf. Penelitian dilakukan di lembaga Thoriqot Qodiriyyah Naqsyabandiyah Suryalaya-Sirnarasa dan Thoriqot Idrisiyyah Pagendingan menggunakan pendekatan qualitative inquiry dengan metode studi multi kasus eksploratori. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis menggunakan Analisis Miles dan Hubberman. Hasil penelitian meliputi: 1)Proses tazkiyyatunnafs terdiri dari tiga aspek penting yakni nilai karakter, pembelajaran, dan tenaga pendidik. 2)Komponen manajemen pendidikan karakter berbasis tasawuf: komponen nilai karakter meliputi sumber nilai terdiri dari manusia, pendekatan pembelajaran, dan bahan tekstual. Klasifikasi nilai karakter terdiri dari Nilai karakter: nilai karakter religius, nilai karakter kemandirian, nilai karakter etika sosial, nilai karakter etika peserta didik, nilai karakter cinta lingkungan. Kurikulum: kegiatan-kegiatan spiritual dan pembelaiaran etika. Pembelajaran: Pendidikan dan latihan nilai etika. Penilaian: konseling intuitif. Pendidik dan tenaga kependidikan: mentor spiritual. 3)Manajemen Pendidikan karakter berbasis tasawuf terdiri dari Perencanaan: mengacu secara total pada mentor. Pelaksanaan: penguatan spiritual peserta didik dan pembelajaran nilai karakter. Pengendalian: konseling intuitif dan supervisi spiritual.

References

Alawiyah, Faridah, (2012). Kebijakan dan Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan di Indonesia, Policy and Development of Character Building Through Education in Indonesia, , Pusat Pengkajian Pengolahan Data dan Informasi (P3DI) Sekretariat Jenderal DPR-RI, Naskah diterima: 29 Februari 2012, Naskah diterbitkan: 18 Juni 2012.

Al-Qodiri, Ismail bin Said Muhammad Said, Fuyudhoturrobbaaniyyah fil Maatsir wa al-Aurod al-Qodiriyyah, disusun oleh Mesir: Musthofa albabi alhalbi.
Berkowitz, bier, W dan Marvin, Melinda. C, (2006). What Works In Character Education, A Report For Policy Maker And Opinion Leader, Connecticut : Character Education Partnership.
Griffin, Ricky W. (2005). Management, Eight Edition, Indian Adaptation, New Delhi: Biztantra.
Hamid, Abdulloh, (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren, Pelajar dan Santri dalam Era IT dan Cyber Culture, Surabaya: Imtiyaz.
Ismail, Asep Usman, (2012). Tasawuf Menjawab Tantangan Global, Upaya Membangun Karakter Muslim, Jakarta: Transpustaka.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Kupperman, Joel J. (1991). Character, Newyork: Oxford University Press.
Lickona, Thomas, (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility, New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books.
Lickona, Thomas, (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility, New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books.
Lickona, Thomas, (2012). Character Matters: Persoalan Karakter, terj. Juma Wadu Wamaungu & Jean Antunes Rudolf Zien dan Editor Uyu Wahyuddin dan Suryani, Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, E, 2013. Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara.
Pemerintah Republik Indonesia, (2010). Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa 2010-2025. Jakarta
Raudvere, Catharina and Leif Stenberg, (2009). Sufism Today, Heritage and Tradition in the Global Community, London: I.B.Tauris & Co Ltd.
Samani, Muchlas dan Hariyanto, (2014). Pendidikan Karakter, Konsep dan Model, Bandung: Rosdakarya.
Sugiyono, (2016). Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alphabeta.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan, FIP-UPI, (2007a). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 1 Ilmu Pendidikan Teoretis, Bandung: IMTIMA.
Zaruq, Ahmad. (2004). Qawaid al-Tashowwuf, Damaskus, Dar el-Beiruti, 26
Published
2020-08-31
How to Cite
ANWAR, Syuhudul. Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Tasawuf. Nusantara Education Review, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 195-204, aug. 2020. ISSN 2598-9553. Available at: <http://ojs.spsuninus.ac.id/index.php/ner/article/view/120>. Date accessed: 01 mar. 2021.