Pemanfaatan Crossword Puzzle Aplikasi Hot Potatoes J. Cross Dapat Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris di Kelas VII F SMPN 1 Ciwidey Kabupaten Bandung

  • Yeti Widyawati Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ciwidey

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas VII F tahun pelajaran 2019- 2020  jumlah partisipan 40 orang terdiri dari siswa laki – laki 17 orang dan siswa 23 orang siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah crosswords puzzle dengan menggunakan aplikasi Hot Potatoes J- Cross dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris di Kelas VII SMPN 1 Ciwidey.  Penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK ) yang dilaksanakan dengan 2 siklus penelitian . Data dalam penelitian ini diperoleh nilai akhir yang meningkat baik secara perolehan perorangan maupun rata- rata dengan ketentuan di atas KKM, Crossword puzzle dikerjakan langsung pada WA milik siswa yang kemudian dishare ke Wa milik guru (peneliti). Adapun dalam pembuatan crossword puzzle guru (peneliti) menggunakan Hot Potaoes J- Cross, Hal ini memudahkan dalam pembuatan crossword puzzle dalam memberikan materi yang berupa kosa kata, sehingga pembelajaran merupakan suatu inovasi pembelajaran yang berbasis TIK, menyenangkan, dan kekinian dan bagi  guru memberikan kesempatan untuk memperoleh ilmu yang lain

References

Abdulhak I, Darmawan. (2013) .Teknologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Akdon. (2011). Strategic management For Educational Management. Bandung: Alfabeta.
Arifin, D dan Arifin P. (2010). Menuju Guru Profesional. Bandung: Pustaka A- Kasyaf.
Arikunto Suharsimi (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Yogyakarta: Rineka Cipta
Aunurrahman (2013). Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta
Avi Aldini Saputri Pengaruh Media Crossword puzzle dalam Meningkatkan Vocabulary Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas III di MI Negeri Watuagung Tambak (2017) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto Skripsi
Darmawan, D (2012). Inovasi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mngajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah B. Uno. (2006). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta. Bumi aksara
Mulyasa. E. (2004), Menjadi Guru Profesional. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.
Munir, (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Penerbit Alpabeta
Permen No 21 (2016), Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional RI.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Nomor 5 tahun 2015 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik, Penyelenggaraan Ujian Nasional, dan Penyelenggaraan Ujian sekolah/ Madrasah/ Pendidikan Kesetaraan Pada SMP/MTS atau yang Sederajat dan SMA/MA/SMK atau Yang Sederajat.
Uno B, H (2009). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Widyawati Yeti. (2017). Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis TIK dengan Menggunakan Jejaring Soaial Edmodo mata mata Pelajaran Bahasa Inggris Studi eksperimen pada kelas X di tiga SMK Kabupaten bandung Disertasi. milik perpustakaan UNINUS
Yulia Elviza1, Emidar, Ena Noveria Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Universitas Negeri Padang (2017) Peningkatan Penguasaan http://tutorial.pppkpetra.or.id/etutor/hotpotatoes/hotpotatoes.pdf
Published
2020-08-31
How to Cite
WIDYAWATI, Yeti. Pemanfaatan Crossword Puzzle Aplikasi Hot Potatoes J. Cross Dapat Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris di Kelas VII F SMPN 1 Ciwidey Kabupaten Bandung. Nusantara Education Review, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 205-214, aug. 2020. ISSN 2598-9553. Available at: <http://ojs.spsuninus.ac.id/index.php/ner/article/view/121>. Date accessed: 01 mar. 2021.